Lompat ke konten
Home » Artikel » Penyebab Ikan Koi Mati Mendadak Setelah Hujan

Penyebab Ikan Koi Mati Mendadak Setelah Hujan

Bahaya Air Hujan untuk Ikan Koi!

Ikan Koi Mati Mendadak Setelah Hujan

Jika Sobat Koi memiliki kolam outdoor, maka jangan kaget jika tiba-tiba Ikan Koi anda mati atau sakit mendadak setelah turun hujan. Ketahuilah bahwa penyebab utamanya adalah air hujan yang turun ke dalam kolam Koi dapat menyebabkan penurunan kualitas air kolam.

Dalam kasus seperti ini, kolam Koi perlu diberikan filter air kolam untuk menjaga kualitas air pada kolam Ikan Koi. Jika pemberian filter belum cukup memadai, maka langkah yang perlu dilakukan adalah mengganti air pada awal musim hujan.

Selain penurunan kualitas air kolam, banyak beberapa faktor yang menyebabkan Ikan Koi kesayangan Anda mati mendadak setelah hujan. Simak terus artikel ini sampai selesai, yuk!

Penyebab Ikan Koi Mati Mendadak Setelah Hujan

1. Perubahan Suhu Air

Hujan dapat mempengaruhi suhu air di kolam ikan koi. Perubahan suhu yang drastis dapat stres pada ikan dan mengakibatkan kematian. Air yang terlalu dingin atau terlalu panas dapat merugikan kesehatan ikan.

2. Kualitas Air yang Buruk

Hujan dapat membawa polutan dari udara atau permukaan tanah ke dalam air kolam. Ini bisa mencakup bahan kimia berbahaya atau polutan lain yang dapat meracuni ikan. Jika kualitas air tidak terjaga, dapat menyebabkan stres dan kematian ikan.

3. Oksigen Rendah

Hujan bisa mengakibatkan pengendapan bahan organik di dalam kolam, yang kemudian terurai oleh bakteri. Proses ini dapat mengkonsumsi oksigen di air, meninggalkan kadar oksigen yang rendah. Jika ikan tidak mendapatkan cukup oksigen, mereka dapat mati.

4. Fluktuasi pH

Hujan asam dapat menyebabkan fluktuasi pH di dalam kolam. Perubahan pH yang ekstrim dapat menyebabkan stres pada ikan dan dapat menjadi fatal jika tidak diatasi dengan cepat.

5. Kondisi Cuaca Ekstrim

Selain hujan, kondisi cuaca ekstrim seperti badai petir dapat menyebabkan stres pada ikan koi. Petir dapat memicu perubahan mendadak dalam suhu air dan memberikan tekanan tambahan pada sistem kekebalan ikan.

Pencegahan Ikan Koi Mendadak Saat Hujan

Adapun beberapa upaya pencegahan yang dapat dilakukan yaitu : 

1. Kurangi pemberian pakan

Ikan Koi Mati Mendadak Setelah Hujan

Pemberian pakan yang berlebihan dapat berdampak buruk pada kualitas air kolam. Pakan yang tersisa akan beracun apabila berubah menjadi amonia.

Oleh karena itu, cukup berikan pakan sedikit demi sedikit dalam jangka waktu pendek. Selain itu, dapat juga memberikan protein yang tinggi dan nutrisi yang cukup untuk mencukupi kebutuhan gizi pada Ikan Koi.

Mengurangi pemberian pakan pada musim hujan juga bertujuan untuk mengurangi keasaman akibat kotoran organik dari Ikan yang menumpuk.

2. Sistem overflow untuk kolam

Sistem overflow diperlukan untuk mencegah tumpahan air hujan agar tidak langsung masuk ke dalam kolam. Atau bisa juga menutupi bagian atas kolam dengan paranet yang dipasang miring dengan tujuan yang sama.

3. Menjaga suhu air kolam

Pada musim hujan, suhu air dapat turun drastis sehingga mempengaruhi kesehatan Ikan Koi. Selain itu, suhu air yang tidak stabil juga akan memberikan dampak buruk pada kualitas hidup Ikan Koi.

Saat musim penghujan, pastikan untuk selalu memperhatikan suhu air agar tetap stabil.

4. Menjaga kebersihan kolam

Kolam yang kotor akan mengganggu pandangan kita saat menikmati keindahan kolam. Selain itu, kolam yang kotor juga dapat menyebabkan Ikan Koi mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, pembersihan kolam perlu dilakukan secara rutin untuk mencegah dampak buruk yang tidak diinginkan. Hal ini juga dapat membantu menghindari pertumbuhan jamur dan bakteri jahat bagi Ikan Koi.

5. Memasang filter kolam

Sistem filtrasi juga sangat diperlukan untuk menjaga kualitas air kolam. Filter air juga dapat menyaring kotoran halus dan racun yang berasal dari kotoran Ikan Koi.

Pada musim hujan, filter air harus lebih sering dibersihkan agar kesehatan Ikan Koi juga lebih terjaga. Pembersihan filter hanya perlu disiram menggunakan air dengan arus kencang selama 5 menit tanpa digosok.

6. Cek kesehatan ikan koi

Kesehatan Ikan Koi perlu diperiksa secara rutin untuk memastikan bahwa tidak ada gejala penyakit pada tubuh Ikan Koi.

Jika terdapat tanda-tanda Ikan Koi yang mulai flashing dapat diberikan garam bila diperlukan. Selain itu, jika terdapat Ikan Koi yang mencurigakan seperti sirip tidak mengembang, tampak menyendiri, atau selalu berada di pancuran, pastikan untuk segera melakukan karantina pada Ikan Koi.

Perusahaan kami CV. Agro Koi Farm menyediakan berbagai jenis serta ukuran Ikan Koi dengan kualitas terbaik dan harga ramah di kantong.

Ikan Koi yang kami jual merupakan hasil langsung dari budidaya kami sendiri, maka dari itu Ikan Koi dari kami memiliki kualitas yang unggul dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai perawatan Ikan Koi atau lain sebagainya, bisa klik disini

Cek Channel YouTube kami di https://www.youtube.com/@AgroKoiFarm

Untuk menanyakan harga Ikan Koi atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu anda bisa menghubungi kami di : WA/SMS/TELEPON 085-791-708-791. Informasi lebih lengkap Klik Disini

Logo Agro Koi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan harga special hari ini.