Lompat ke konten
Home » Artikel » Aeromonas, Penyakit yang Menyerang Ikan Koi!

Aeromonas, Penyakit yang Menyerang Ikan Koi!

Mengenal Bakteri Aeromonas (Aeromonas Hydrophila)

Aeromonas adalah salah satu penyakit yang sering menyerang Ikan air tawar dengan gejala yang cukup mengerikan. Penanganan penyakit Aeromonas yang tidak tepat dapat menyebabkan gejala yang lebih parah atau bahkan dapat menyebabkan kematian.

Artikel agrokoi.co.id kali ini akan membahas tentang Pengertian, Gejala, Cara Pencegahan, dan Cara Pengobatan Aeromonas pada Ikan Koi, loh Sobat Koi! 

Sebagaimana diketahui bahwa Ikan Koi sangat rentan dalam masalah kesehatan. Ikan Koi yang terkena serangan penyakit Aeromonas tubuhnya akan lemas hingga akhirnya mati. Mengapa demikian?

Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Aeromonas?

Aeromonas

Aeromonas adalah salah satu penyakit Ikan hias air tawar yang disebabkan oleh Bakteri Aeromonas Hydrophila dengan gejala yang cukup mengerikan. 

Umumnya Aeromonas dapat muncul tiba-tiba pada kondisi Ikan Koi yang mengalami stres akibat kepadatan Ikan dalam kolam, pakan yang salah, kondisi air yang buruk, serta hidup yang tidak sehat bagi Ikan Koi.

Penyakit ini menyebabkan luka pada bagian luar tubuh Ikan Koi. Luka yang timbul akan berupa borok berwarna merah dan jika tidak segera ditangani akan menyebabkan kematian Ikan Koi.

Penyakit Aeromonas ini bisa menyebabkan gangguan pernafasan pada Ikan Koi akibat serangannya yang sangat ganas. Aeromonas juga dapat menghasilkan toksin atau racun pada saat menginfeksi tubuh Ikan Koi.

Gejala Aeromonas 

Banyak gejala yang akan muncul akibat penyakit ini. Berikut beberapa gejala yang dialami Ikan Koi pengidap Aeromonas, antara lain yaitu : 

1. Muncul bercak merah

Tubuh Ikan Koi yang terserang umumnya terdapat bercak berwarna merah hampir di seluruh tubuhnya. Biasanya bercak ini sangat terlihat di bagian perut, dada, sirip, hingga ekornya.

2. Tubuhnya kelebihan berlendir

Sebagaimana mestinya, seekor Ikan pasti akan mudah berenang saat tubuhnya memiliki banyak lendir. Penyakit ini menyebabkan Ikan Koi mengeluarkan banyak lendir sehingga kehabisan lendirnya.

Faktor ini menyebabkan Ikan Koi menjadi pasif dan malas.

3. Tubuhnya mudah terluka

Ikan Koi yang terkena penyakit ini tubuhnya akan mudah terluka. Hal ini disebabkan kurangnya lendir sehingga tubuh Ikan Koi bergesekan langsung dengan air.

Aeromonas

4. Sirip mudah rontok dan rusak

Sirip Ikan Koi menjadi rusak dan mudah rontok akibat penyakit ini. Faktor ini juga menyebabkan Ikan Koi kehilangan keseimbangan saat berenang.

5. Kehilangan nafsu makan

Ikan Koi yang terkena penyakit Aeromonas umumnya akan kehilangan nafsu makan dan akan bermalas-malasan.

Cara Pencegahan Aeromonas

Sobat Koi pastinya sudah tidak asing dengan kata mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, pencegahan Aeromonas dapat dilakukan dengan cara seperti berikut : 

1. Karantina Ikan Koi

Sebelum memasukkan Ikan Koi baru ke kolam utama, sebaiknya melakukan karantina Ikan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran atau munculnya penyakit yang dapat menyerang Ikan Koi.

2. Menjaga kualitas air

Hal utama yang harus dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit ini yaitu dengan menjaga kualitas air pada kolam. Hal  ini dapat dilakukan dengan cara menguras kolam secara rutin dan memberikan filter air pada kolam Ikan Koi. 

Filter air berfungsi untuk menjaga kualitas air dan menyaring kotoran-kotoran halus yang berasal dari pakan sisa maupun kotoran Ikan.

3. Pemberian pakan

Pemberian pakan Koi yang berlebihan akan menyebabkan kolam Koi kotor dan dapat mengurangi kualitas air kolam. Maka dari itu, pakan Koi harus diberikan secara rutin dan secukupnya untuk menghindari pakan sisa yang dapat menyebabkan racun jika berubah menjadi amonia. 

Ikan Koi memerlukan pakan dengan protein tinggi dan nutrisi yang cukup. Serta Ikan Koi memerlukan gizi yang seimbang dalam pertumbuhannya.

4. Kepadatan kolam

Tingkat kepadatan kolam sangat berpengaruh dalam pertumbuhan dan kesehatan Ikan Koi. Hal ini menyebabkan Ikan Koi merasa terganggu dan tidak nyaman. Selain itu, Koi akan mudah stres dan rentan terserang penyakit Aeromonas.

Dampak lainnya yaitu kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan kualitas air menurun. Solusinya, Sobat Koi bisa mengurangi jumlah Ikan Koi atau menambahi kolam baru.

5. Rutin memeriksa kesehatan Koi

Ikan Koi perlu diperiksa kesehatannya secara rutin. Hal ini dilakukan agar jika terdeteksi penyakit pada Ikan Koi, kita bisa langsung memisahkan Koi yang sakit dari Koi yang masih sehat.

Selain itu, agar kita bisa segera memeriksakan penyakit Koi ke ahli Koi atau Dokter hewan.

6. Memberikan antibiotik

Pencegahan penyakit ini dapat juga dilakukan dengan menambahkan antibiotik pada pakan Ikan Koi.

Cara Pengobatan Aeromonas

Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati Ikan Koi yang terserang penyakit Aeromonas.

1. Pisahkan Ikan Koi

Cara pertama yang harus dilakukan yaitu memisahkan Ikan Koi yang terjangkit penyakit ke dalam bak karantina yang suhunya telah diatur menggunakan heater antara 30-32° C. 

Hal ini dilakukan karena suhu air yang rendah dapat mengurangi aktivitas penyebaran bakteri. Cara ini dapat dilakukan selama kurang lebih 1 minggu.

2. Pemberian Antibiotik

Aeromonas dapat dihentikan dengan memberikan antibiotik pada pakan Ikan Koi yang baru terserang penyakit.

Ikan Koi yang sudah lama terserang namun tidak disertai gejala yang parah, pengobatannya dapat dilakukan dengan merendamkan Ikan Koi dalam larutan antibiotik.

3. Pemberian Oksigen Tambahan

Penyakit Aeromonas umumnya dapat menyebabkan gangguan pernafasan pada Ikan Koi, tidak sedikit pula Ikan Koi yang mati akibat kehabisan nafas.

Pemberian oksigen dapat dilakukan dengan memasang Aerator. Dengan bantuan aerator, Ikan Koi dapat bernafas dengan lebih baik sehingga mampu bertahan dari penyakit ini.

Aerator bekerja dengan cara melarutkan oksigen di udara ke dalam air dan mendistribusikan kepada Ikan Koi. 

INFORMASI PERUSAHAAN KAMI CV. AGROTANI SEJAHTERA

Alamat Kantor : Jl. Air Mancur Jl. Desa Bedug No.15, Rembang, Kec. Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64171

Nomor WA : +6285791708791

Website : https://agrokoi.co.id/

YouTube: https://www.youtube.com/@AgroKoiFarm

Untuk menanyakan harga ikan koi atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu anda bisa menghubungi kami di : WA/SMS/TELPON 085-791-708-791, atau dengan KLIK DISINI

Logo Agro Koi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan harga special hari ini.