Lompat ke konten
Home » Artikel » White Spot, Parasit yang Menyerang Ikan Koi!

White Spot, Parasit yang Menyerang Ikan Koi!

Mengenal Penyakit White Spot (ICH)

White Spot atau biasa disebut ICH (Ichthyophthirius multifiliis) adalah salah satu jenis penyakit Ikan Koi yang mudah menular.

Sebagaimana diketahui bahwa Ikan Koi sangat rentan dalam masalah kesehatan. Penyakit White Spot (ICH) biasanya ditularkan oleh Ikan pembawa, hewan lain, atau bahkan manusia.

Artikel agrokoi.co.id kali ini akan membahas tentang Penyakit White Spot (ICH) pada Ikan Koi, loh Sobat Koi! 

Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu White Spot (ICH)?

White Spot atau Ichthyophthirius multifiliis (ICH) adalah salah satu jenis parasit protozoa yang muncul sebagai bintik-bintik berwarna putih yang menyebar ke seluruh tubuh Ikan Koi. 

Selain tertular, parasit ICH juga bisa muncul akibat sumber air yang digunakan untuk mengisi kolam. Hal ini karena parasit ICH dapat mengalir terbawa oleh air yang digunakan untuk mengisi air kolam.

Parasit ini menyerang Ikan Koi dengan cara menghisap cairan yang terkandung dalam lapisan atas jaringan kulit. Meski awalnya tidak berbahaya, namun jika dibiarkan terus menyebar parasit ini akan menjadi sangat agresif dan dapat menguasai seluruh kolam.

ICH dapat mengakibatkan kematian apabila sudah menyerang bagian insang dimana kerusakan jaringan dapat menyebabkan masalah pernafasan dan infeksi sekunder.

Gejala Penyakit White Spot

Terdapat beberapa gejala yang terjadi saat Ikan Koi terserang penyakit White Spot :

penyakit white spot

1. Munculnya bintik putih mirip pasir pada tubuh Ikan Koi. Bintik ini bisa dikatakan sebagai kista parasit yang menempel pada tubuh Ikan Koi.

2. Ikan Koi sering menggosok-gosokkan tubuhnya ke dinding kolam atau dinding aquarium. Hal ini disebabkan parasit yang menyerang dan menimbulkan gatal atau iritasi.

3. Ikan Koi kesulitan bernapas, karena parasit yang menempel pada insang menyulitkan Ikan Koi untuk menyerap oksigen dari air. 

4. Ikan Koi menjadi sering naik ke atas permukaan air kolam karena dirasa kekurangan oksigen.

5. Ikan Koi menjadi malas bergerak dan sering terlihat menyendiri. Hal ini dikarenakan hewan yang merasa sakit biasanya akan menyendiri dan bersembunyi.

6. Warna pada tubuh Ikan Koi menjadi kusam dan tidak menarik. Selain itu, kulit Ikan Koi menjadi rusak dan mudah terkelupas.

7. Ikan Koi kehilangan nafsu makan. Biasanya Ikan yang terkena penyakit akan memuntahkan makananya atau bahkan tidak mau makan akibat sakit yang dirasa.

Pencegahan Penyakit White Spot

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit White Spot yaitu : 

1. Tidak membeli Ikan baru yang terkena gejala White Spot.

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah adanya penyakit White Spot yaitu dengan memastikan bahwa Ikan Koi tidak memiliki tanda-tanda penyakit. 

Karena Ikan baru yang terkena gejala White Spot bisa saja menular ke Ikan Koi yang sudah lama berada dalam kolam atau aquarium.

2. Memasukkan Ikan baru ke aquarium karantina.

Cara kedua yaitu memasukkan Ikan yang baru dibeli ke bak atau aquarium karantina selama 14-21 hari. Hal ini dilakukan untuk mempermudah apabila terdapat penyakit ICH sehingga bisa segera melakukan pengobatan.

3. Menggunakan jaring yang berbeda di setiap kolam.

jaring

Penggunaan alat yang sama untuk semua kolam dapat menyebabkan penularan penyakit ICH. Maka dari itu, usahakan memakai alat yang berbeda untuk setiap kolam agar terhindar dari penularan penyakit ICH.

4. Menjaga suhu air

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit White Spot yaitu dengan menjaga suhu air agar tetap hangat kisaran angka 29° C, karena jika suhu turun sampai 25° C penyakit ICH bisa menyerang secara tiba-tiba.

5. Memperhatikan pemberian pakan

Selain itu, parasit ini akan mudah menyerang pada kondisi imun Ikan Koi yang lemah dan tidak memiliki kekebalan tubuh untuk melindungi tubuhnya sendiri dari serangan penyakit-penyakit.

Maka dari itu usahakan untuk memberikan pakan dengan gizi yang seimbang. Serta diperlukan nutrisi yang cukup dan protein yang tinggi. Perlu juga untuk memberikan vitamin dan suplemen untuk menjaga kekebalan tubuh Ikan Koi.

Cara Pengobatan White Spot

Perlu diketahui bahwa ICH tidak bisa dibasmi apabila masih menempel di permukaan tubuh Ikan Koi karena parasit terlindung dari zat kimia.

Parasit hanya dapat dibasmi jika sudah terlepas dari tubuh Ikan Koi. Hal itu ditujukan pada parasit dewasa yang melepaskan diri dari Ikan Koi untuk menggandakan diri agar lebih banyak parasit yang menyerang Ikan Koi.

Jika Penyakit White Spot dibiarkan saja, maka akan semakin parah dan bisa menyebabkan kematian.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengobati Ikan Koi yang terkena penyakit White Spot : 

1. Memisahkan Ikan Koi yang terserang penyakit White Spot ke dalam bak karantina atau sejenisnya untuk menghindari penularan.

2. Memasang heater untuk meningkatan suhu air secara bertahap. Menambah aerasi juga diperlukan untuk meningkatkan kadar oksigen yang terlarut dalam air.

3. Menaburkan garam dapur atau garam krosok (garam yang berukuran kasar) ke dalam air kolam atau bak karantina. Garam dapat ditaburkan sebanyak 300 gr/m3 air. Penaburan garam ini bisa dilakukan rutin setiap pekan.

INFORMASI PERUSAHAAN KAMI CV. AGROTANI SEJAHTERA

Alamat Kantor : Jl. Air Mancur Jl. Desa Bedug No.15, Rembang, Kec. Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64171

Nomor WA : +6285791708791

Website : https://agrokoi.co.id/

YouTube: https://www.youtube.com/@AgroKoiFarm

Untuk menanyakan harga ikan koi atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu anda bisa menghubungi kami di : WA/SMS/TELPON 085-791-708-791, atau dengan KLIK DISINI

Logo Agro Koi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan harga special hari ini.